icon;base64,iVBORw0KGgoAAAANSUhEUgAAABAAAAAQCAYAAAAf8/9hAAAABmJLR0QAAAAAAAD5Q7t/AAAAlUlEQVQ4y2N8Idf2n4ECwMLAwMDA+jWUQfabPgMHBztJmq/xljIwMTAwMKj+M2N4zHWRoAbG4jsYYkwwhuo/M4bbTKfwGvC/VwW3AfgMgdmMTmMYgMsQmM3oNFYDiHEJTi8Q6xKiDCA2YDEMQHcmIUMwDMDmTHyGwA3AF1X4DIEbgC+q8BlCMAwIGUJUGOAzhJHS7AwAbEhOTsZZHrUAAAAASUVORK5CYII=' rel='icon' type='image/x-icon'/> Internet Tulalit: Layanan Internet
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Me

Layanan Internet

A. E-Mail
o Pengertian E-mail
E-mail atau electronic mail ini adalah layanan penyampaian pesan lewat jaringan internet. Mirip seperti surat-menyurat lewat pos. Bedanya, e-mail tidak membutuhkan perangko dan petugas pos. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah program e-mail seperti Outlook dan Outlook Express. Atau dapat juga memanfaatkan fasilitas secara online, yaitu e-mail berbasis Web. Kita perlu akses internet dan membuat akun yang dilindungi oleh password.

Dalam e-mail, sebuah alamat dilengkapi dengan simbol @ (dibaca at dalam bahasa Inggris) yang memisahkan nama pengguna dengan nama domainnya. Kita dapat menyimpan alamat-alamat e-mail teman ke dalam address book yang telah tersedia, dan berkirim surat elektronik pada mereka. Fasilitas ini jauh lebih mudah, murah dan cepat jika dibandingkan dengan pengiriman surat manual lewat jasa Pos.
o Membuat E-mail
Mungkin kebanyakan dari kita sudah tahu bagaimana cara membuat emai,l tapi ada pula yang masih bingung dengan cara pembuatannya. Maka dari itu saya disini akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat email. Akan tetapi disini saya hanya akan menjelaskan pembuatan email melalui www.yahoo.com Tahap-tahap membuat email adalah :
1. Bukalah web browser dan tulislah www.yahoo.com pada addres bar.
2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang ada pada gambar

3. Pilihlah “buat account” seperti gambar

4. Maka akan muncul tampilan seperti gambar

5. Isilah sesuai apa yang ada di depan kolom
• Nama saya : isilah sesuai dengan nama asli anda.
• Jenis kelamin : anda hanya tinggal memilih laki-laki atau perempuan
• Tanggal lahir : isilah sesuai tanggal lahir anda. Misalnya 31-oktober-1997
Dan seterusnya.
6. Setelah selesai mengisi lembar di atas, dibawahnya kan muncul kode yang harus anda ketik, contohnya seperti gambar

7. Setelah itu juga selesai klik pada tombol seperti gambar


8. Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar

9. Setelah muncul tampilan seperti dia atas maka anda sudah terdaftar dalam yahoo. Klik lanjutkan untuk melanjutkan.


10. Setelah anda mengklik lanjutkan maka akan muncul tampilan seperti gambar

11. Email telah bisa digunakan untuk mendaftar ke facebook, twitter dan sebagainya.

o Login dan Logout
Untuk membuka email yang sudah anda buat itu jauh lbih mudah daripada saat membuatnya. Langkah-langkah untuk membukanya adalah :
1. Bukalah alamat website www.yahoo.com, dan akan muncul tampilan seperti gambar

2. Setelah muncul tampilan seperti diatas, klik lah pada icon seperti gambar


3. Setelah icon tersebut di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar

4. Isilah ID yahoo dan Kata Sandi email anda. Contohnya seperti gambar











5. Kemudian klik icon sign in dan akan muncul tampilan seperti gambar dan itu juga berarti bahwa anda sudah berhasil masuk atau log in ke dalam email yahoo anda.


Sedangkan untuk proses keluar dari email atau log out anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
1. Klik pada icon sign out di tampilan yahoo



2. Dan akan muncul tampilan seperti gambar itu artinya juga anda sudah keluar dari email yahoo anda.

o Menulis dan Mengirim E-mail
Menulis email itu mudah kok... menulis email itu ada 2 cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Sebenarnya kedua cara itu tidak terlalu berbeda, yang membedakan hanya cara penulisannya. Untuk menulis email secara langsung, hanya tinggal menuliskan apa yang akan dikirimkan melalui email tersebut, sedangkan untuk menulis email secara tidak langsung, kamu bisa menulisnya di program lain. Misalnya MS Word, MS PowerPoint, NotePad, macromedia Flash, e-book atau pdf dan semacamnya.
Langkah-langkah untuk menulis dan mengirim E-mail baik secara Langsung maupun tidak adalah :
1. Log in dulu ke account yahoo anda. Dan tampilannya menjadi seperti gambar

2. Kemudian klik pada icon mail seperti gambar
3. Setelah di klik maka akan muncul tampilan seperti gambar

4. Klik pada menu tulis dan akan muncul tampilan seperti gambar

5. Isilah kolom-kolomnya. Yang pertama tulislah nama orang yang akan di kirimi email tersebut. Seperti gambar


6. Naah disinilah letak perbedaan antara menulis/mengirim email secara langsung dan menulis/mengirim email secara tidak langsung. Jika menggunakan cara langsung maka langsung saja tulis pada kolom yang tersedia. Contohnya seperti gambar

7. Sedangkan untuk cara yang tidak langsung, anda bisa menulisnya di program lain misalkan MS Word. Kemudian klik pada icon Lampirkan file seperti gambar dan akan muncul tampilan seperti gambar

o Membuka E-mail
Untuk membuka email di yahoo.com berikut ini langkah-langkahnya.
1. Tuliskan alamat http://mail.yahoo.com/ pada adress di komputer Anda. Anda akan masuk langsung ke halaman email yahoo.
2. Masukkan yahoo Id dan password Anda ketika membuat account email di yahoo. Untuk yahoo Id, Anda hanya perlu memasukan Id-nya. Sebagai contoh, alamat email Anda: elf_widy@yahoo.com. Anda tinggal tuliskan Id yahoo elf_widy. Password-nya jangan sampai salah karena jika salah, Anda tidak akan bisa membuka email yang masuk ke alamat email Anda. Oleh karena itu, buatlah password yang mudah diingat.
3. Selanjutnya, klik "Sign In". Lalu, Anda akan masuk pada halaman email Anda. Anda bisa cek email yang masuk, email keluar di folder sent, spam, dan draft yang belum atau tidak jadi dikirim atau email yang sudah Anda hapus. Untuk membuka email, klik "Inbox" di kiri atas.
4. Akan muncul email-email yang masuk ke alamat email Anda di yahoo. Di sana, tertera pengirim, subjeknya, serta tanggal pengiriman email tersebut.
5. Klik email yang ingin Anda buka atau baca. Maka, isi email tersebut akan muncul di bagian bawahnya.
Jika sudah selesai membaca email tersebut, Anda bisa membuka email yang lainnya. Biasanya, jika membuka email dari yang paling atas atau yang terbaru, Anda tinggal tekan panah ke bawah pada keyboard untuk membuka email berikutnya.
Jika ingin menghapus email tersebut, Anda bisa langsung klik "Delet" pada bagian atas. Maka, email yang sudah Anda baca tersebut akan terhapus. Email ini akan masuk pada folder Trash.
Jika email yang masuk menyisipkan file dalam bentuk attachment (lampiran), bisa berupa foto, text dari Microsoft Word, dan sebagainya, akan terlihat ketika pertama kali Anda buka.
Anda cukup klik "Attachment" pada akhir email yang diterima atau pada ikon attachment yang lebih mirip klip untuk kertas. Dengan demikian, Anda bisa melihat isi attachmen-nya. Mudah, bukan?

o Menjawab E-mail (Reply)
Cara Membalas E-Mail di YAHOO
1. Buka Situs http://www.yahoo.com/ klik sign in

2. Ketik User id lalu klik sign in
3. Pada Tampilan di bawah ini klik mail untuk membuka mail kita.
4. klik go to inbox untuk mengetahui e-mail yang masuk.
o 5. Buka pesan anda pada inbox, baca setelah itu jika anda ingin membalas klik reply.
6. Tulis pesan e-mail yang akan anda balas beserta dan jangan lupa tulis subjeknya atau judul suratnya lalu klik send.
7. jika muncul tampilan seperti di bawah ini maka balasan anda sudah terkirim. centang agar alamat email bisa masuk ke contact anda. lalu klik Ok.
o 8. setelah mengklik ok maka muncul tampilan sebagai berikut:
9. Untuk mengecek e-mail balasan kita terkirim klik sent seperti pada gambar ini:
10. Selamat Mencoba!!!
o Meneruskan E-mail (Forward)
Email adalah surat elektronik yang tidak terbatas jarak dan tempat, dimana ada perangkat yang bisa menyambung ke internet disitu juga bisa mengirim dan menerima email, waktu penyampaian email pun sangat cepat tidak perlu menunggu beberapa jam atau malah beberapa hari hanya dalam hitungan detik atau pun menit email pasti sudah sampai kealamat email tujuan. Dalam dunia maya terkadang tidak cukup mempunyai satu alamat email, seorang netters kadang mempunyai alamat email dua atau malah lebih. Ingin tidak repot dengan login dari satu account email ke account email lain? Caranya tentukan dulu mana alamat email yang akan dijadikan sebagai alamat email utama atau alamat email yang akan digunakan sebagai penampung email yang masuk dari alamat email yang lain kemudian lakukan penyetelan diaccount email lain untuk meneruskan email yang masuk ke alamat email utama, caranya sebagai berikut :
Untuk yahoo.co.id
Pertama adalah login dulu ke yahoo mail classic setelah berhasil login klik OPSI disudut kanan atas kemudian klik lagi AKSES WEB dan POP setelah diklik akses web dan pop maka akan muncul page tentang penerusan web dan pop abaikan saja, scroll kebawah dibagian bawah ada meneruskan email berikan tanda titik dilingkaran sebelah tulisan itu, kemudian isi kolom dibawahnya dengan alamat email yang telah ditentukan sebagai alamat email utama kemudian klik simpan sudut kiri bawah, setelah itu diminta untuk memverifikasikan alamat email yang dimasukan tadi, klik send verifikasi kemudian login ke alamat email utama klik link verifikasi yang dikirimkan oleh yahoo dan yang terakhir adalah klik simpan perubahan
o Menggunakan E-mail untuk Mengirimkan File
Nah….kalini saya akan membahas, bagai mana cara mengirim / melampirkan data dengan email, mungkin dari bebrapa orang hal tersebut biasa dilakukan, tapi lain halnya dengan teman kita yang baru dalam hal ini. Key….langsung saja tidak usah terlalu panjang lebar dan sesuai slogan saya “berbagi ilmu itu indah” :
1. hal pertama yang kita lakukan login kealmat email anda.
2. Setelah anda berhasil login pilih “tulis” email

3. kemudian akan tampil sebuah halaman, dimana anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau pesan yang akan anda kirim, pada kolom kepada isi alamat email yang dituju, dan untuk melampirkan sebuah data atau gambar pilih “lampirkan file” dan beripesan pada bagian pesan

4. setelah anda memilih “lampirkan file” akan muncul dimana anda akan diminta melampirkan file yang anda inginkan, dengan cara pilih browse dan anda diminta untuk mencari dimana file yang akan anda lampirkan, pada email dibatasi maksimal hanya dapat melampirkan data sebanyak 25Mb, setelah anda selesai melampirakan file yang anda inginkan pilih lampirkan file untuk mengupload file anda dari direcktoy di komputer anda ke email anda, mungkin proses upload ini akan sedikit lama tergantung banyaknya data yang anda lampirkan

5. setelah proses upload selesai anda tinggal mengirim data anda dengan memilih kirim
kirim data.pdf
kirim data.odt
semoga bermanfaat!!!!
o Menyimpan File Attachment
Bingung dengan cara menyimpan file attachment? Nah disini kita juga bisa mengetahui cara menyimpan file attachment. Caranya adalah :
1. Klik pada: "SCAN and SAVE TO COMPUTER"
2. kemudian klik "DOWNLOAD Attachment"
3. kemudian klik "SAVE TO DISK"
o Menghapus E-mail
Untuk menghapus satu pesan:
Klik pesan. Setelah itu, tekan Delete pada keyboard atau klik tombol Hapus di bagian atas daftar email di Yahoo! Mail.
Catatan: "Delete" pada keyboard tidak sama seperti "Backspace"—"Backspace" tidak akan menghapus pesan, namun akan mengarahkan browser kembali ke satu halaman sebelumnya.
Untuk menghapus beberapa pesan:
Untuk pesan yang berurutan (satu kelompok email), tekan tombol Shift, lalu klik pesan pertama dan terakhir. Untuk memilih pesan secara acak (tidak dikelompokkan), centang setiap pesan. Setelah itu, tekan Delete pada keyboard atau klik Hapus di Mail.
Pesan yang dihapus akan masuk ke folder "Sampah". Jika tidak sengaja menghapus pesan, Anda dapat menemukannya dalam folder Sampah dan mengembalikannya ke folder Email Masuk atau folder lainnya. Perlu diketahui bahwa pesan dalam folder Sampah dapat dihapus setiap saat tanpa peringatan.
Untuk menghapus konten folder Sampah secara permanen, klik ikon Tempat Sampah di sebelahnya, pada sisi kiri halaman. Jendela akan terbuka dan menanyakan "Apa Anda yakin...?" Klik OK untuk menghapus atau Batal untuk menutup jendela dan membatalkan penghapusan.
Setelah dikosongkan dari folder Sampah, pesan akan dihapus secara permanen dari server Yahoo! Mail dan tidak dapat dikembalikan.
o Etika Mengirim E-mail
KOMUNIKASI lewat e-mail banyak diminati masyarakat luas. Banyak orang memanfaatkan fasilitas komunikasi ini karena murah dan cepat. Ini, tentunya, suatu anugerah. Tetapi, tak jarang kita mendapat gangguan ketika menerima spam e-mail alias e-mail berantai ataupun e-mail yang membuat kepala puyeng dan lidah jadi berlipat membacanya. Seperti halnya yang kejadian pada diri saya pagi ini. Postingannya ada di blog sebelah yang berjudul E-Mail Gaul
Bagaimanapun, dalam melakukan korespondensi pribadi, kita seyogianya tetap bersopan-santun untuk menjaga hubungan baik. Untuk kepentingan bersama, berikut adalah 10 Etika dan sopan-santun dalam ber-e-mail yang saya himpun dari berbagai sumber.
01. benahi dulu susunan e-mail `forwards` Anda bila ingin mengirim kembali sebagian atau seluruh pesan pada pihak lain. Artinya, luangkan sedikit waktu untuk menghapus tanda “ atau “ yang biasanya muncul.
02. gantilah `Subject` atau judul e-mail bila topik pembicaraan Anda berubah. Sering kali setelah saling bertukar e-mail beberapa kali, topik pembicaraan berubah dari aslinya, namun `Subject` atau judul e-mail belum juga diganti. Akan jauh lebih mudah untuk melacak e-mail yang masuk bila `Subject` disesuaikan dan dapat mencerminkan isi e-mail.
03. hapuslah pesan `Reply` yang tidak perlu. Beberapa program e-mail secara otomatis memunculkan isi e-mail yang terdahulu bila Anda sedang membalas atau me-reply-nya. Ada baiknya Anda menghapus pesan tersebut dan hanya tinggalkan pesan yang benar-benar Anda anggap perlu.
04. jangan teruskan surat berantai. Anda tentu merasa terganggu dan jengkel bila seseorang mengirimi Anda sebuah e-mail tentang humor atau cerita-cerita, kemudian meminta Anda untuk meneruskannya dengan segera pada 10 teman Anda yang lain, atau bila tidak, maka Anda akan ketiban sial.Mengapa Anda juga bermaksud mengganggu dan membuat orang lain jengkel bila Anda meneruskan e-mail semacam ini? Hapus saja dengan menekan tombol `delete`.
05. hormati privacy orang lain. Ini termasuk juga alamat e-mail mereka. Bila Anda sedang mengirim e-mail ke sejumlah orang yang mungkin satu sama lain tidak saling mengenal, gunakan `bcc` atau blind carbon copy agar alamat-alamat e-mail mereka tidak saling diketahui. Bila Anda mudah mengirim e-mail ke banyak alamat sekaligus tanpa mempertimbangkan saran ini, maka bersiap-siaplah untuk dikomplain karena mereka menerima spam.
06. Jangan melakukan spam. Mungkin saja Anda tidak sengaja melakukannya, tetapi banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka dapat dari `forwarded e-mail`, kemudian menggunakannya tanpa permisi, ini termasuk bentuk spam.
07. jangan berteriak-teriak. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar (tombol `Caps Lock`) dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan. Orang mungkin menganggap Anda sebagai pengguna internet yang tidak baik, atau tidak sopan sama sekali.
08. jangan mudah `terbakar`, over-reaksi, atau terburu-buru menghapus suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan baik. Dalam bahasa tulis, kita memiliki waktu untuk memikirkan bagaimana kita merespons atas sesuatu e-mail yang membuat kita marah. Begitu juga dengan ber-e-mail ria. Bila Anda merasa dipenuhi dengan emosi yang kuat, kemudian menulis balasan dengan emosional pula, maka sebaiknya jangan buru-buru Anda kirim e-mail tersebut. Simpanlah dulu dalam `draft folder` selama beberapa hari untuk dibaca ulang. Banyak persahabatan yang hancur gara-gara terburu-buru menanggapi suatu e-mail tanpa berusaha memikirkannya dengan bijaksana.
09. bersabarlah dalam menunggu `reply`. Ketahuilah, orang tidak hanya hidup dengan internet. Mereka mungkin tidak membalas e-mail Anda dengan segera. Masih banyak orang yang mengecek e-mail sepekan sekali.
10. akuilah bahwa tidak semua orang senang menerima segala yang Anda anggap lucu. Jangan terus-menerus mengirimkan sesuatu pada mereka yang tidak pernah membalasnya, meskipun dengan ucapan terima kasih. Tidak semua orang setuju atau suka dengan materi yang kita forward-kan.

B. Mengelola Mailing list
 Pengertian Mailing List
Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.

Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM'S) atau Mail Servers.
 Membuat Mailing List
mungkin buat kita-kita yang udah sangat sering berpetualang didunia maya ini
udah ga asing lagi dengan istilah mailing list..tapi ga papa yah kalo na mau shere kan lagi..
milist itu singkatan dari Mailing list. Mailing list adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat e-mail yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.
Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam. Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya IT), ada milis yang membahas masalah agama, dan sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com
Buat yang Pengen punya forum milis sendiri
Nah gini nih caranya membuat atau mengcreate mailing list
1. Klik di sini Jangan lupa Sign dulu dengan user dan password alamat email yahoo
2. Klik "Start your group"
3. Akan ada tulisan "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category" scroll ke bawah di ada tulisan "Browse Group Categories" yang di bawahnya ada bebarapa kategori yang bisa kita pilih. Di antaranya Business & Finance, Computers & Internet, Cultures & Community dll. Klik untuk memilih salah satu. Klik "Continue".

4. Lihat tulisan "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued). lalu scroll ke bawah ada "Browse Group Categories" di bawahnya tertulis beberapa kategori juga di antaranya Business Schools, Companies, Consumer dll. Klik lagi salah satu untuk memilih. Klik "Continue".
5 Ada lagi "Step 1 of 3: Select a Yahoo! Groups Category (Continued)". Kalau tidak mau menambah Sub kategori langsung aja klik tombol "Place My Group Here" dan masuk ke langkah berikutnya untuk membuat nama group dan deskripsinya. Ada tulisan "Step 2 of 3: Describe Your Group"
Group Name : Isi dengan nama group yang dikehendaki misalnya "langkah baru" atau " The spiritcarier "
Enter Your Group Email Address : Isi alamat email group misalnya "langkahbaru", "spiritcarier" dll
Describe Your Group : Isi dengan penjelasan group. Silahkan berkreasi untuk menjelaskan kepada rekan onliner tentang tujuan dari Milis yang kita bangun, apa boleh pasang iklan atau tidak dll. Singkat boleh panjang boleh asal tak lebih dari 2000 karakter.
Setelah selesai klik aja "Continue".
6. Ada tulisan Step 3 of 3: Select your Yahoo! Profile and Email Address. Tarik ke bawah. Di bawah tulisan "Word Verification" masukkan di kolom yang tersedia rangkaian huruf acak dengan benar. Udah kan? Klik aja "Continue".
7. Sukses. Setelah ada konfirmasi gini
Congratulations!

Your Group langkah baru has been created. You can access your group using the link below or from the Yahoo! Groups "My Groups" page.

maka berarti pembuatan Milis kita udah selesai. Lihatlah detail dari Group name, Group home page dan Group email. Ringkasnya kita sudah punya alamat group ( Url Group ) misalnya http://groups.yahoo.com/group/langkahbaru

8. Langkah berikutnya klik link "Customize Your Group" untuk setting detail group kita. Klik aja langsung Get Started, lalu Next, lalu Next kemudian Finish. Beres.

9. Kalau sobat pengen ngundang teman untuk join klik tombol "Invite People". Jika tidak langsung aja Klik Go To Group. Nah udah kelihatan kan halaman milis kita.
10. Selamat menjadi moderator Mili
 Mengirimkan e-mail ke milis
• Mendaftar menjadi anggota milis
Bagaimana caranya jadi anggota milis?
Ya, ada dua langkah untuk itu:
1. Cari
nama milis yang hendak diikuti. Bisa dengan cara nanya ke teman, surfing di
situs, nyari sendiri di yahoogroups, dsb.

2. Daftarkan email Antum ke milis tsb. Ada tiga cara
yang bisa dilakukan (boleh pilih salah satu). Misalnya di sini kita hendak
mendaftar ke milis salafyoon@yahoogroups.com, dan email kita yang akan
didaftarkan adalah: abc@kecap.com :

a. Saat surfing ke
situsnya (salafyoon.cjb.net), kita akan melihat form kecil untuk mendaftar
ke milis. Silakan tulis email Antum di situ, dan tunggu beberapa saat….
kemudian bukalah mailbox Antum (abc@kecap.com).
Akan ada email dari
yahoogroups yang meminta Antum untuk mengkonfirmasikan keanggotaan Antum di
milis salafyoon. Sekarang, silakan reply/balas email tersebut, dan tunggu
email ”Welcome” dari salafyoon. Kalau sudah, berarti Antum sudah menjadi anggota
milis ini. Selamat.

b. Mengirim email untuk mendaftar.
Caranya: kirim email kosong ke: namamilis-subscribe@yahoogroups.com.
Misalnya dalam kasus ini, maka kita kirim email kosong ke
salafyoon-subscribe@yahoogroups.com.
Judul & isi email tidak perlu
diisi. Biarlah kosong apa adanya.
Setelah terkirim, tunggu beberapa saat…
dan ada email baru dari yahoogroups untuk konfirmasi (seperti cara a). Langkah
selanjutnya sama.
c. Mendaftar langsung dari
yahoogroups.com
Syaratnya: Antum harus punya ID di yahoo. ID ini berupa
alamat email kita di yahoo. Misalnya: iniaku@yahoo.com, maka ID kita adalah:
iniaku. Bagi yang belum punya, silakan daftar dulu ke Yahoo!Mail
Cara daftar
ke milis: cari alamat milis salafyoon (bisa dengan fasilitas search).

Kemudian, bukalah home (halaman awal) milis salafyoon, dan pilih untuk
”join”. Silakan isi form pendaftaran, dan tunggu konfirmasi di email kita.
Langkah selanjutnya sama dengan atas.
Sebagai catatan, untuk milis yang keanggotaannya
restricted, waktu menerima pesan ”Welcome” dari milis mungkin agak lama,
tergantung kapan si moderator online dan menyetujui keanggotan Antum. Dan satu
lagi, kalau masuk ke closed-milis, siap-siap saja untuk tidak menerima pesan
”Welcome” selamanya…
• Berdiskusi di milis
Seperti yang telah kita ketahui, milis merupakan ajang diskusi di internet. Email yang
kita postingkan ke suatu milis akan dikirimkan ke seluruh anggota milis tsb.
Tidak ada istilah email hanya ditujukan untuk sebagian anggota milis. Dan telah
kita ketahui pula, untuk milis berbentuk newsletter, member tidak bisa mengirim
email ke milis. Hanya moderator yang berhak mengirim. Oleh karena itu, di sini
kita hanya akan membahas diskusi dalam email dua-arah, baik yang moderated
maupun yang bebas bicara.
Sebelumnya, perlu kita ketahui tipe2
penerimaan postingan
milis(@yahoogroups). Ada empat jenis:
1. email individual biasa: jadi
setiap email masuk ke milis, kita nerimanya saat itu juga. Tiap kiriman, kita
dapet satu email.
2. email digest : kita cuma nerima satu email tiap
hari (berisi kumpulan postingan sehari itu)
3. special notice: kita
hanya mendapat email yang ditandai khusus oleh moderator.
4. no email
: kita nggak dikirimi email satu pun. Namun, kita masih jadi anggota, sehingga
kita bisa membacanya di web (yahoogroups, red). Untuk itu, pada umumnya kita
memerlukan Yahoo! ID supaya bisa sign-in di yahoogroups.com untuk baca2
postingan milis. Ini biasanya digunakan untuk milis yang cukup padat
postingannya, bisa >10 email tiap hari.
Layaknya berkirim email biasa, dalam mem-posting
email ke milis pun kita tidak perlu repot-repot. Tingga kirim email yang kita
kehendaki ke namamilis@yahoogroups.com. Dalam contoh sebelumnya, berarti kita
ngirim ke salafyoon@yahoogroups.com. Beres!
Dan untuk menanggapi postingan
dari anggota lain, kita perlu memperhatikan tujuan tanggapan kita. Lihat sekali
lagi kemana tanggapan tersebut; apakah ke salafyoon@yahoogroups.com, atau ke
person yang kita tuju (abc@kecap.com) ? Hal ini perlu diperhatikan, karena tak
jarang kita dapati email nyasar: seharusnya japri (jalur pribadi), namun tak
sengaja terkirim ke milis. Berhati-hatilah….
Dan jika karena suatu hal kita keluar dari sebuah
milis, ada dua cara yang bisa kita lakukan:
1. dari email
Kirim
email dari mailbox Antum (misalnya abc@kecap.com) dengan subject/judul:
namamilis-unsubscribe@yahoogroups.com. Misalnya kita mau berhenti dari milis
kecap@yahoogroups.com, maka tinggal kirim email kosong ke
kecap-unsubscribe@yahoogroups.com
Tunggulah sebentar… dan akan ada
email dari yahoogroups sebagai konfirmasi apakah Antum benar2 hendak keluar dari
milis. Jika tekad sudah mantap untuk keluar, email tsb tinggal di-reply saja.
Selesai!

2. dari yahoogroups
Masuklah ke grup milis yang
Antum hendak keluar darinya. Dan carilah tulisan ”leave group”. Silakan di-klik.
Dan Antum sudah benar2 keluar dari keanggotaan milis tsb.
• Berhenti dari anggota milis
Ada dua alternatif yang dapat anda gunakan untuk berhenti dari milis ini.
1. Berhenti (unsubscribe) melalui email. Caranya: kirimlah email kosong ke penulislepas-unsubscribe@yahoogroups.com. Kosongkan saja isian subject (judul) dan tak usah menulis pesan apapun. Sebab pesan Anda akan diproses melalui mesin. Si mesin ini hanya akan peduli pada isian TO. Setelah itu, tunggulah hingga datang email konfirmasi dari Yahoo Groups. Balaslah email tersebut tanpa mengubah apapun. Setelah itu, Anda sudah resmi keluar dari keanggotaan milis PenulisLepas.
2. Jika Anda mengikuti milis ini melalui situs Yahoo Groups, masuklah ke web Milis PenulisLepas (klik di sini). Klik menu “Edit Membership” yang terdapat di bagian kiri-atas halaman. Setelah itu, klik tombol “Leave Group” yang terdapat di bagian kanan-bawah halaman. Jika muncul pesan “Are you sure you want to leave the group penulislepas?”, kliklah “Leave Group”. Maka , Anda sudah resmi keluar dari keanggotaan milis ini. Perlu diketahui, bahwa mailing list penulislepas dan situs www.penulislepas.com memiliki sistem yang berbeda. Jadi, Anda yang sudah menjadi anggota mailing list (milis) tidak otomatis menjadi anggota situs. Demikian pula sebaliknya.

• Chatting
o Pengertian IRC
Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC.

Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang dikenal sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan melakukan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).
Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).

Aplikasi-apliakasi diatas sebenarnya adalah aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet, baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
o Simbol dan Singkatan dalam Chatting
Jika kamu terbiasa chatting di internet, pastinya kamu sering menggunakan simbol-simbol ‘emotion’ untuk mengungkapkan suasana hati kamu pada lawan chatting kamu. Penggunaan simbol emotion saat chatting, pada dasarnya digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu singkatan, universal emotion, dan kaomoji emotion. Melalui penggunakan simbol-simbol tersebut, kita tak perlu lagi mengetikkan baris-baris kalimat untuk mengungkapkan perasaan kita.

Penggunaan singkatan, dikhususkan pada ungkapan-ungkapan yang sering diungkapkan dalam bahasa sehari-hari (dalam bahasa inggris, red). Sedangkan universal emotion dan kaomoji emotion, adalah penggunaan jenis-jenis karakter-karakter yang tersedia di keyboard, sehingga menyerupai ekspresi-ekspresi wajah tertentu, misalnya saja marah, sedih, dan tertawa. Akan tetapi yang membedakan keduanya (universal dan kaomoji), simbol-simbol kaomoji, marak digunakan dan berasal dari negeri jepang.

Berikut contoh-contoh penggunaan simbol-simbol emotion, yang bisa kamu coba saat chatting. Dijamin, kamu bakalan enjoy saat berchatting ria….

Singkatan :
A/S/L? = Age/Sex/Location?
BRB = Be Right Back
BBL = Be back later
BBIIAF = Be back in a flash
BTW = By The Way
CUL = See You Later
F2F = Face To Face
FYA = For Your Amusement
FYI = For Your Information
HHOK = Ha..ha.. Only Kidding
TNX = Thank's
OIC = Oh, I see
IMHO = In My Humble Opinion
IMO = In My Opinion
OTOH = On The Other Hand
LOL = Laughing Out Loud
OTF = On The Floor
ROTFL = Rolling On The Floor Laughing
YMMSVH = You Make Me So Very happy
NP = No Problem
RE = Hi again
J/K = Just Kidding
WB = Welcome back

Universal emotion :
:-) atau :) = Senang / tersenyum.
:-( atau : ( = Sedih / kecewa
: - 0 atau : - o = Terkejut/ heran
:- @ = Berteriak
:- < = Sedih sekali :- || = Marah :-D = Tertawa :’-( = Menangis ;-) = Berkedip %-) = Bahagia --bingung %-( = Sedih --bingung :- / atau :- \ = Pikir-pikir : P = Meledek Kaomoji Emotion : (^_^) atau (^-^) = Tersenyum (^0^) = Tertawa lebar (^.^) = Senyum simpul \(^0^0)/ = Bersorak riang (^3^) = Berseru (*^-^*) = Senyum malu, tersipu (o^-^o) = Senyum merona ("-";) = Merasa terganggu (-_-;;) = Gugup f(^_^) = Garuk garu kepala (T_T) = Menangis ( ;_; ) = Menitikkan air mata (" ~ ") = Manyun (>_<) = Geram
(-_-#) = Marah
(+_+) = BeTe
(x_x) = Pusing
(x_x#) = Pusing habis dipukuli
(?_?)...??? = Bertanya-tanya dalam hati
(@_@) = Melotot, Heran
( _ _ )..zzZZ = Tidur
( _ _ ")..zzZZ = Bosan sampai ketiduran
m( _ _ )m = Memohon
w(^ _ ^) = Mendengarkan
(*^3^) = Mencium
(*^.^*) = Dicium
(=_=) atau (#^ ^#) = Malu sampai tersipu-sipu
( _ _ ) ..ooOO = Bermimpi
Ø(. .) = Menulis
((( (((;^ ^) = Berlari
C=C=(;' _') = Tergesa-gesa
(o_ _)o = Putus asa
(^ _^)d = Acungkan jempol
(^ _^)V = Tanda peace
(p^ ^)p = Ngajak brantem
y(^o^)y~~~ = Merokok

• Etika Chatting
Chatting tidak hanya populer kalangan remaja saja namun sekarang ini, sudah merambah kalangan dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dengan chatting, kita bebas mengobrol apa saja mulai dari pekerjaan kantor, persahabatan, pelajaran sekolah, mata kuliah, percintaan & perjodohan, sampai dengan hal bersifat pribadi sekali pun. Saking bebasnya kadang-kadang membuat chatter-chatter kebablasan tanpa kontrol yang mungkin dapat membuat chatter lainnya marah dan tersinggung. Walaupun pada saat chatting, tidak terjadi tatap muka secara langsung, namun hal itu seharusnya tidak membuat para chatter meninggalkan etika ketimuran seperti dalam pergaulan pada umumnya. Sehubungan dengan etika dalam chatting, sudah banyak artikel di blog-blog, situs-situs, atau media lainnya yang mengulasnya, namun tidak ada salahnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya hal tersebut, maka pada TIPS DAN TRIK KOMPUTER kali ini akan memberikan tips tips dan etika yang ada hubungannya dengan chatting.
Sebenarnya kita semua sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walau pun tidak disebutkan secara tertulis), namun kita belum menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar. Nah, etika chatting tersebut antara lain, di bawah ini.
• Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya.
• Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
• Harus Jujur, usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik dan mengangkat topi untuk itu. Yang sering kita jumpai (bahkan saya sendiri) adalah sulit untuk mengatakan apa adanya, seperti umur, status, atau perkerjaan.
• Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
• Jangan pernah membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
• Ucapkan salam, tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kita bisa mengetikkan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
• Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
• Aktifkan status offline, hal ini dapat menjadi alternative jika Anda sedang sibuk dan tidak ingin “diganggu” chatter lain, dan ini sah-sah saja.
• Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sembari menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut.
• Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.
• Jika Anda salah masuk room dengan tema yang tidak Anda sukai, jangan sekali-sekali membelokkan tema obrolan sesuai keinginan Anda, kecuali Anda sudah mendapat mandat dari chatter lainnya. Atau lebih baik Anda keluar dari room tersebut.
Selain etika chatting yang telah disebutkan di atas, ada tips chatting lain yang mungkin perlu kita ketahui adalah, antara lain seperti di bawah ini.
• Gunakanlah nickname yang baik dan sopan.
• Jangan menggunakan nama asli sebagai nickname Anda.
• Jangan pernah memberikan alamat dan nomor telepon kepada chatter yang belum Anda kenal sama sekali.
• Jika Anda menggunakan webcam, jangan sembarangan memberi izin kepada chatter yang tidak Anda kenal.
• Jika ingin memview webcam dari partner chatter, harus meminta izin dengan baik-baik kepadanya, kalau pun tidak diizinkan Anda harus menghormatinya.
• Jika harus melakukan copy darat, pastikan Anda tidak sendirian, hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
• Jangan pernah melayani chatter yang menggunakan kata-kata kasar atau tidak sopan.
• Manfaat Chatting
Bzzzzz, judulnya agak nyeleneh, itu menurut pemikiran orang² yang belum pernah chatting, menurut mereka chatting itu kan buang² waktu? ga ada manfaatnya, hmmmmmmm mungkin ada benarnya terutama bagi anak² di bawah umur, xixixixixi.
Menurut saya chatting tu ada manfaatnya, lha apa manfaatnya??? ini dia beberapa manfaat chatting baik dari PC ato dari HP ato dari apa aja (mang bisa???).

1 . dapet temen2 baru. syukur2 kalo orang luar, yang artinya bisa belajar bahasa baru (ga usah jauh² luar negeri, dapat yang luar daerah aja dah bisa bahasa baru, ya ato ya??).
2. chating, tanpa kamu sadari bisa bikin kamu mahir ngetik (ini khusus bagi yang bekerja sebagai sekretaris, xixixixixi)
3 .pengetahuan. banyak yang bisa dipelajarin lewat chating ini. karena sebenernya, banyak juga orang-orang pinter yang nongkrongnya di chatting (sayangnya yang nulis blog ini ga termasuk orang pinter :(( hiks)
4. cinta. sapa tau nemu jodoh di internet..... kwkwkwkwkwkwkwk
5. kalo anda chating ma orang satu daerah ato satu kota juga ada manfaatnya yaitu lebih cepat bisa copy darat hmmm kan nambah teman lagi??

Walo begitu manfaat dari chating itu Tergantung dari orangnya (niatnya pada waktu pertama chating). yang perlu diingat Chatting sendiri bukan sarana komunikasi tetapi hanya sebagai media komunikasi.



Selamat ber chatting ria....
• Mengelola mIRC
Program chatting yang paling terkenal saat ini adalah mIRC. Kebanyakan warnet di Indonesia menggunakan program chatting tersebut sebagai program chatting mereka. Karena itu, pada kali ini , kita akan membahas chatting dengan menggunakan mIRC.
o Mendownload mIRC
mIRC didistribusikan dalam bentuk self-extracting cabinets (Program setup yang berbentuk file yang dapat dieksekusi/dijalankan) yang dapat menginstallkan mIRC dalam PC anda. Cara kerja program setup mIRC sama dengan banyak program-program internet lainnya atau seperti layaknya program-program yang mempunyai fasilitas setup. Pertama-tama anda harus mengetahui Operating System dimana mIRC akan dijalankan. mIRC tersedia dalam bentuk 16 bit dan 32 bit. mIRC dalam bentuk 16 bit digunakan pada Operating System yang lama (16 bit) seperti Windows 3.1 atau Windows 3.11. mIRC dalam bentuk 32 bit digunakan pada Operating System seperti Windows95, Windows98, Windows2000 atau Windows NT.

Program setup jenis 16 bit dinamakan seperti mircxxs.exe. Huruf 's' pada kata tersebut berarti 'sixteen'(enam belas). Program setup jenis 32 bit dinamakan seperti mircxxt.exe. Huruf 't' pada kata tersebut berarti 'thirty-two' (tiga dua).

Sekarang anda telah siap mendownload program setup yang benar dan sesuai untuk komputer anda, anda dapat mendownloadnya dari salah satu website mIRC. Jalankan web-browser anda dan kunjungi http://www.mirc.com atau salah satu dari mirror-nya. Anda akan melihat sebuah link yang menuntun anda menuju ke halaman download yang berisi link-link untuk mendownload program mIRC. Tidak menjadi masalah untuk mendowload dari sebuah link yang anda klik; link-link disana menawarkan file yang sama! Dan tentu saja downloadlah file dari lokasi yang paling terdekat dengan lokasi anda sehingga proses download dapat berjalan lebih cepat. Simpanlah file yang telah anda pilih ke harddisk anda. Pilih sebuah direktori dalam harddisk anda dan letakkan pada suatu direktori tersebut sehingga anda dapat menemukannya kembali pada waktu yang akan datang. Proses download mIRC akan berjalan dalam waktu beberapa menit.

Terimakasih sudah membaca artikel saya, sampai jumpa dan selalu belajar …..
o Menginstall mIRC
T1.Sebelum anda memulai menginstal miRc terlebih dahulu anda harus mendownload software installer miRc di web http://www.mirc.com/ atau anda bisa langsung klik url berikut untuk download langsung.
2.Klik 2x software miRc635.exe yang sudah anda download, maka akan muncul sebuah tampilan, kemudian Klik Next untuk melanjutkan ketahap berikutnya.
3.Kemudian akan muncul tampilan License Agreement.Klik pada I Agree untuk melanjutkan ke ketahap berikutnya.
4.Defaultnya adalah pada C:\Program Files\miR. Jika anda ingin menginstall miRc pada directory lain, klik Browse dan kemudian pilih directory dimana anda ingin menginstall miRc tersebut. Kemudian klik next.
5. Memilih kustomisasi source untuk miRc yang akan anda install.Centang kotak yg perlu dicentang.
6.Memilih kustomisasi untuk icon, backup, dan update otomatis.Kemudian klik next.
7. Tampilkan kustomisasi yang sudah anda set sebelumnya untuk memastikan semua yang anda set sudah benar, Jika anda yakin semuanya sudah benar,kemudian klik Install untuk memulai menginstal miRc.
8.Jika muncul tampilan selanjutnya, berarti proses instal miRc anda sudah berhasil.Kemudian Klik Finish untuk mengakhiri penginstala
o Mengunakan mIRC
LaNGkah Pertama Buka Jendela MIRC Terus ketik Command Di bawah ini :

Koneksi Ke Salah Satu Server IRC
• /server irc.telkom.net.id
• /server irc.plasa.com
• /server irc.citra.net.id
• /server irc.power.net.id
• /server irc.big.net.id
Pilih salah satu Server di atas trus Tekan Enter

JEndeLa Proses JIka Terjadi KOneksi

Jendela Cara JOin Ke Cannel Di MIRC
Tekan Enter dan Selamat Menikmati BerChating Ria Di Channel

o Mengatur Susunan Jendela mIRC
Langkah-langkah untuk mengatur susunan jendela mIRC :
1.Klik menu Windows.
2.Pilihlah susunan jendela yang diinginkan.
o Menganti Nickname
Langkah-langkah untuk mengganti nickname :
1. Klik menu Commands.
2. Klik Change nick.
3. Masukkan nickname yang baru.
4. Klik tombol Ok.

o Mengirimkan dan Menerima File
Langkah-langkah mengirimkan file kepada teman chatting :
1. Dari menu Tools klik Send File.
2. Pilih nickname orang yang akan kita kirimkan file.
3. Cari folder tempat kita menyimpan file yang akan kita kirim.
4. Pilih file yang akan dikirim.
5. Klik tombol Send.
6. Bila proses sudah selesai,klik tombol Close.

Langkah-langkah menerima kiriman file dari orang lain :
1. Jika muncul kotak dialog File Warning,klik tombol OK.
2. Tentukan folder penyimpanan file, lalu klik tombol Accept.
3. Tunggu sampai proses pengiriman selesai.
4. Klik tombol Open Folder untuk membuka folder di mana file disimpan.Klik tombol Open untuk membuka atau Close untuk menutup kotak dialog.
o Perintah pada mIRC
Perintah Standar Untuk Operator Channel

/kick (#channel) (nick) = kick user
/topik (#channel) (topiknya) = mengganti topik channel
/kick (#channel) (nick) (alasan) = kick user dengan alasan
/mode (#channel) +b *!*@IPnya = Band IP user
/mode (#channel) +b nick! username@host.add.ress = Ban user
/mode (#channel) –b *!*@IPnya = buka Ban user, missal /mode #dewata +b *!*@202..133.80.*
/mode (#channel) +o (nick) = memberikan Op pada user
/mode (#channel) +v (nick) = memberikan voice pada user
/mode (#channel) – o (nick) = menurunkan user agar tidak Op lagi
/mode (#channel) –v (nick) = mengambil voice user
/mode (#channel) +/- ntispklRrmc = set mode channel
/channel = melihat mode dan ban list channel

Perintah ChanServ Dalnet
(A) = semua, (AOP) = minimal aop, (SOP) = minimal sop, (F) = founder

/chanserv info (#channel) = melihat info channel (A)
/chanserv invite (#channel) (nick) = minta chanserv untuk invite (A)
/chanserv unban (#channel) (nick kamu) = Unban diri kamu (AOP)
/chanserv unban (#channel) * = unban semuanya (AOP)
/chanserv register (#channel) (passwd) (desikripsi) = register channel baru (F)
/chanserv identify (#channel) (passwd) = identify channel (F)
/chanserv drop (#channel) = drop channel (F)
/chanserv set (#channel) passwd (pass baru) = ganti password channel (F)
/chanserv set (#channel) founder = set sbg founder baru (F)
/chanserv set (#channel) desc (deskripsinya) = set deskripsi channel (F)
/chanserv set (#channel) topik (topiknya) = set topik channel (F)
/chanserv set (#channel) url (alamat url-nya) = set webpage channel (F)
/chanserv set (#channel) mlock (tulis modenya) = set kunci mode channel mis. +nt-ispklR (F)
/chanserv set (#channel) ident (on/off) = set ident aktif/tidak (F)
/chanserv set (#channel) restrict (on/off) = set restrict channel (F)
/chanserv set (#channel) keeptopic (on/off) = set keep topik channel (F)
/chanserv set (#channel) topikclock (sop/founder/off) = set topiklock channel (F)
/chanserv set (#channel) opguard (on/off) = set opguard
/chanserv set (#channel) memo (none/aop/sop/founder) = set memo level channel (F)
/chanserv why (#channel) (nick) = melihat akses yang dipakai nick untuk jadi op (AOP)
/chanserv op (#channel) (nick) = mengangkat menjadi op (AOP)
/chanserv deop (#channel) (nick) = menurunkan dari op (AOP)
/chanserv (aop/sop/akick) (#channel) list = melihat daftar aop, sop, atau akick
/chanserv aop (#channel) add (nick) = jadikan aop (SOP)
/chanserv sop (#channel) add (nick) = jadikan sop (F)
/chanserv aop (#channel) del (no. list aop) = hapus aop (SOP)
/chanserv sop (#channel) del (no. list sop) = hapus sop (F)
/chanserv (aop/sop/akick) (#channel) (add/del) nick!username@host.add.ress = masukkan/hapus dari list (SOP)
/chanserv mdeop (#channel) = mass deop channel, tapi aop tdk bisa deop sop dan founder (AOP)
/chanserv mkick (#channel) = mass kick channel (SOP)

Perintah NickServ Dalnet

/nickserv register (password) (email) = register nick
/nickserv ghost (nick) (passwd) = kill ghost yaitu bila nick dipakai orang atau tertinggal di channel
/nickserv identify (password) = identify nick
/nickserv set kill (on/off) = set kill nick
/nickserv recover (nick) (passwd) = recover nick
/nickserv release (nick) = release nick
/nickserv drop (nick) = drop nick
/nickserv set passwd (passwd baru) = ganti password nick
/nickserv set noop (on/off) = set no op untuk nick
/nickserv set nomemo (on/off) = set no memo untuk nick

Perintah MemoServ Dalnet

/memoserv list = melihat daftar memo anda
/memoserv send (nick) (pesan) = kirim memo
/memoserv send (#channel) (pesan) = kirim memo ke op
/memoserv read (no. list memo) = baca memo yang ke berapa (sesuai list memo)
/memoserv del (no. list memo) = hapus memo no di list
/memoserv undel (no. list memo) = undel memo


Format penulisan perintah :
/msg chanserv@services.dal.net [command] [option] [sub-command]
atau dapat disingkat menjadi :
/chanserv [command] [option] [sub-command]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar